5 Makanan dengan Kandungan Mikroplastik Tinggi, Bisa Masuk ke Otak

Selasa, 24 September 2024 - 07:00 WIB
loading...
5 Makanan dengan Kandungan...
Beberapa jenis makanan mengandung mikroplastik tinggi tanpa disadari. Bahaya mikroplastik semakin meningkat karena banyak plastik yang masuk ke dalam makanan. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Beberapa jenis makanan mengandung mikroplastik tinggi tanpa disadari. Bahaya mikroplastik semakin meningkat karena banyak plastik yang masuk ke dalam makanan dan mengancam kesehatan dalam beberapa cara.

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Network Open menemukan bahwa serpihan dan serat plastik kecil ditemukan di jaringan hidung mayat manusia. Potongan-potongan mikroplastik tersebut ditemukan di bulbus olfaktorius, bagian hidung yang mendeteksi bau yang berada di dasar otak.

Tidak hanya otak, penelitian yang dilakukan di masa lalu telah menetapkan bahwa mikroplastik dan nanoplastik masuk ke paru-paru, hati, testis dan penis, darah manusia, urine dan feses, susu ibu dan bahkan plasenta. Mikroplastik juga dapat masuk ke jantung dan merusak sel otot jantung serta menyebabkan detak jantung tidak normal.

Mikroplastik juga masuk ke dalam tubuh melalui makanan. Berikut adalah makanan yang mengandung mikroplastik paling banyak dilansir dari Times of India, Selasa (24/9/2024).

5 Makanan dengan Kandungan Mikroplastik Tinggi





1. Gula dan Garam


Bumbu dapur yang paling umum mengandung sejumlah besar mikroplastik yang dapat masuk ke dalam makanan melalui kemasan plastik atau penyimpanan dalam wadah plastik.

Sebuah penelitian berjudul Mikroplastik dalam garam dan gula yang dilakukan oleh organisasi penelitian lingkungan Toxics Link, menguji 10 jenis garam yang meliputi garam dapur, garam batu, dan garam laut selain dari lima jenis gula yang dibeli dari pasar lokal dan online.

Penelitian tersebut menemukan mikroplastik dalam semua sampel dalam berbagai bentuk, termasuk serat, pelet, film, dan fragmen, dan ukuran mikroplastik ini berkisar antara 0,1 mm hingga 5 mm.

Penelitian lain yang dilakukan pada 2023 menemukan garam merah muda Himalaya yang ditambang dari dalam tanah memiliki jumlah mikroplastik paling banyak, diikuti oleh garam hitam dan garam laut.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0960 seconds (0.1#10.140)